Desain Rumah Sederhana di Lahan yang Sempit

Permasalahan yang dihadapi berbagai masyarakat saat ini adalah semakin sempitnya lahan yang tersedia untuk dapat membangun rumah tempat tinggal yang nyaman. Oleh karena itu, maka tren model rumah hunian untuk saat ini adalah desain model rumah sederhana atau minimalis. Ini merupakan pilihan utama dan terbaik. Pada umumnya masyarakat lebih banyak memilih dan membangun model rumah sederhana “minimalis” daripada rumah berukuran besar. Bukan sekadar karena pembiayaan yang lebih murah dan sangat terjangkau, desain model rumah sederhana minimalis merupakan langkah-langkah antisipasi atas semakin sempitnya lahan yang tersedia untuk mengembangkan dan membangun perumahan demi tempat tinggal bersama anggota keluarga tercinta.

Perkembangan pola kehidupan masyarakat sekarang ini memang menuntut kita untuk dapat secara aktif mengefektifkan semua aspek dalam sisi kehidupan ini. Termasuk dalam hal ini adalah masalah semakin sempitnya lahan yang tersedia untuk membangun rumah, bahkan telah cukup banyak penciptaan lahan rumah dari tanah garapan yang masih aktif dan produktif disekitar kita semua.

Kita semua semakin kehilangan lahan yang tersedia dan dapat memberikan panenan sebagai sumber makanan atau nafkah sehari-hari untuk kita. Dan, desain model rumah sederhana minimalis adalah salah satu upaya untuk memanfaatkan lahan yang tersedia secara efektif. Itu artinya, kita tidak perlu lagi membuat model-model rumah hunian yang berukuran cukup besar. Rumah kita saat sekarang ini dan kedepan berukuran kecil, tetapi sangat efektif untuk dapat dijadikan tempat hunian yang cukup nyaman untuk anggota keluarga tercinta.

Rumah adalah sebuah hal yang paling penting dan sangat diinginkan oleh kebanyakan dari kita. Karena memang rumah adalah merupakan salah satu dari kebutuhan pokok yang harus dipenuhi oleh siapapun juga. Rumah pun dapat berkembang menjadi simbol prestige dan harga diri dari masing-masing orang, baik diperkotaan maupun dipedesaan.

Semakin besar dan mewah ukuran sebuah rumah, maka para pemilik rumah pasti akan dianggap oleh masyarakat yang ada memiliki strata sosial yang jauh lebih tinggi daripada yang lainnya. Hal ini sangatlah wajar sekali karena memang untuk dapat memiliki rumah yang mewah dan berukuran cukup besar membutuhkan banyak sekali uang atau anggaran.

Bagi mereka yang hidup dan berada dalam kemampuan keuangan yang sangat mencukupi, dapat memiliki rumah yang sangat diinginkan tentunya adalah hal yang sangat mudah. Mereka dapat memiliki rumah di lahan yang sangat luas. Tentu dengan bangunan model rumah yang sangat mewah dan ukurannya sangat lebar pula. Dengan type dan model banyak ruangan yang tersedia di dalamnya dan diperlukan untuk segala kebutuhan para pemilik rumah dan para penghuninya.

Itulah jika memang kita memiliki kemampuan secara “anggaran” keuangan untuk dapat mengusahakan model rumah di atas lahan yang cukup luas. Bagaimana jadinya jika kita tak dapat mengusahakan hal ini dan hanya dapat memiliki lahan yang sempit sekali untuk kita bangun di atasnya rumah kita?

Inilah yang akan kita komunikasikan dan kondisikan. Membuat rumah di atas lahan yang sempit dan terbatas. Namun tetap mengutamakan keserasian dan kenyamanan pada model rumah tersebut karena memang rumah adalah tempat tinggal kita dimana akan dicurahkan segenap usaha dan kemampuan untuk dapat menciptakan kenyamanan di dalamnya.

sumber: http://desainrumahid.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *