Fungsi dan Jenis-jenis Bed Pasien di Rumah Sakit

Tempat tidur pasien atau ranjang pasien atau sering disebut dengan istilah asing Bed Pasien merupakan salah satu furniture Rumah Sakit yang wajib ada sebagai penunjang utama terlaksananya proses pelayanan kesehatan yang efektif, efisien dan berkualitas. Penggunaan bed pasien di rumah sakit tentu sudah diatur secara hukum oleh peraturan menteri kesehatan.

Oleh sebab itu, hedaknya tidak ada lagi rumah sakit dan klinik yang memiliki bed pasien dengan kualitas yang jauh dari standar kelayakan. Selain itu, untuk membeli bed pasien juga tidak susah. Masalah flek hitam pada kulit, juga bisa konsultasi ke dokter kecantikan agar disesuaikan bagaimana nantinya terapinya sesuai kondisi pasien, termasuk bed-nya.

flek hitam di wajah

Fungsi Bed Pasien

Saya kira belum semua orang mengetahui apa fungsi Bed Pasien atau tempat tidur pasien. Bed Pasien adalah ranjang yang digunakan untuk tempat tidur pasien yang menjalani perawatan di rumah sakit atau klinik. Ranjang rumah sakit atau bed pasien adalah komponen non medis yang ada di rumah sakit, namun peran bed pasien ini cukup vital. Ketika pasien merasa nyaman dan tenang, maka kualitas tidur pasien meningkat dan ini akan membuat proses penyembuhan semakin cepat.

Jenis Bed Pasien

Banyak jenis dan tipe bed pasien. Ada beberapa kategori pengelompokan bed pasien. Bedasarkan sistem penggerak, ada bed pasien elektrik dan juga bed pasien manual. Dari peruntukanya ada bed pasien anak, ada baby bed dan juga ranjang pasien dewasa. Namun demikian biasanya ranjang pasien atau bed pasien ini memiliki jenis yang didasarkan pada susunan bed yang dapat ubah posisinya.

Berdasarkan kategori ini, bed pasien terdiri dari bed pasien 1 crank, 2 crank dan juga 3 crank. Istilah crank sama dengan engkol. Mengapa demikian? Karena ketika kita akan merubah posisi bagian kepala misalnya, kita harus memutar engkol. Nah untuk 1 engkol/crank posisi yang dapat diangkat atau dinaikan adalah posisi kepala saja. Untuk 2 engkol (crank), selain posisi kepala posisi bagian kaki juga dapat dinaikan. Untuk 3 crank, lebih lengkap lagi, bagian tengah dpat diseting untuk menyeimbangkan posisi kepala dan badan agar lebih nyaman.

Sebenarnya fungsi utama ranjang pasien tersebut adalah sama. Yaitu mengoptimalkan kesembuhan pasien yang menjalani rawat inap di rumah sakit. Selain itu juga fungsi ranjang pasien untuk memudahkan dokter untuk melakukan pemeriksaan terhadap pasien. Kbutuhan bed pasien akan semakin bertambah dengan banyaknya rumah sakit baru dan pembenahan di tempat – tempat pelayanan kesehatan yang belum memenuhi standar. Namun ini tidak menjadi soal karena ketersediaan supplier yang jual bed pasien di Jawa Tengah dan di wilayah lainya masih cukup banyak.

Beli Bed Pasien

Informasi untuk anda yang memiliki klinik atau rumah sakit dan akan membeli bed pasien dalam jumlah banyak. Hendaknya pertimbangkan kualitas dari mulai bahan, cat luar, presisi dan kemudahan penggunaanya. Karena banyak produsen bed pasien yang kadang tidak melakukan control kualitas saat produksi.  Anda dapat berjalan-jalan di sekitar kota Anda jika ada toko alat kesehatan. Di situ biasa dengan mudah kita temui bed pasien.

Info lebih lanjut, silahkan kunjungi www.valdezmd.com. Demikian sedikit informasi tentang Bed Pasien yang dapat kami hadirkan untuk anda. Semoga artikel singkat ini dapat bermanfaat untuk anda semua. Sekian dan sampai jumpa di kesempatan yang lain. Terimakasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *