Gunakan Sablon CMYK Waterbase untuk Desain Full Color

Gunakan Sablon CMYK Waterbase untuk Desain Full Color

Gunakan sablon CMYK waterbase untuk desain full color. Hal ini dikarenakan teknik sablon CMYK (Cyan, Magenta, Yellow, and Black) mampu memisahkan warna gambar berdasarkan keempat warna tersebut. Sehingga hasil cetakan untuk desain full color bisa lebih maksimal.

Pada desain full color, penggunaan teknik CMYK ini dapat dibarengi dengan menggunakan tinta waterbase. Terdapat berbagai macam tinta waterbase yang digunakan untuk sablon kaos. Salah satu tinta yang biasa digunakan untuk sablon CMYK atau separasi yaitu tinda extender (medium).

Sablon CMYK Waterbase full collor seperti DTG tapi harga murah
Sablon CMYK Waterbase full collor seperti DTG tapi harga murah

Teknik Sablon CMYK

Sablon CMYK pada desain full color dapat dilakukan dengan cara menyiapkan film dari gambar yang akan dicetak. Gambar tersebut akan dipecah menjadi 4 film sablon yang sesuai dengan warna CMYK. Teknik pemecahan dilakukan dengan menggunakan photoshop, hal semacam ini jamak di lakukan di konveksi kaos murah. Adapun langkah-langkahnya antara lain sebagai berikut:

  1. Buka file yang akan dicetak dengan menggunakan sablon separasi.
  2. Ubah system warna yang sebelumnya menggunakan system RGB menjadi system CMYK.
  3. Ubah system warna file menjadi CMYK, yaitu dengan cara klik menu image, kemudian klik mode, lalu klik CMYK color.
  4. Pada tab layer sebelah kanan, Anda bisa klik tab Channel yang modenya telah berubah ke CMYK. Lalu pisahkan channel dengan klik tanda panah kecil yang terletak di pojok kanan atas, lalu pilih split channel.
  5. File akan terpisah dengan masing-masing channel Cyan,Magenta, Yellow, Black. Kemudian buatlah raser pada keempat channel tersebut dengan cara klik menu image kemudian mode lalu bitmap.
  6. Setelah muncul setting parameter bitmap, output resolution diisi 300 dan pilih halftone screen pada method use, klik OK
  7. Setelah muncul kotak parameter halftone screen, atur frequency menjadi 70, Angle 100, kemudian Shape menjadi Ellips.
  8. Lakukan langkah yang sama pada setiap Channel dengan Angle berbeda, yaitu magenta 70, Yellow 0, dan Black 45.
  9. Print kemudian film siap untuk dicetak.

Demikian ulasan singkat mengenai langkah sablon CMYK pada desain full color yang dapat Anda jadikan sebagai bahan referensi. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *