Tips Membeli Oleh-Oleh di Yogyakarta

Jika Anda berlibur di suatu daerah biasanya yang ditanyakan saat tiba di rumah adalah “mana oleh-olehnya?”. Bagi orang Indonesia budaya membawakan oleh-oleh merupakan hal yang seakan wajib. Selain untuk menunjukkan bahwa Anda telah berwisata di suatu tempat juga sebagai bentuk perhatian kepada orang yang ada di rumah atau rekan kerja. Yogyakarta sebagai destinasi wisata utama selalu dipenuhi oleh para pelancong dan mereka biasanya memburu benda-benda atau souvenir-souvenir yang dijajakan di pusat oleh-oleh yang ada di daerah ini. ketika anda menggunakan jasa tour Jogja maka anda bisa memilih oleh-oleh untuk saudara dirumah. Berbagai macam oleh-oleh yang bisa didapatkan jika berwisata di Yogyakarta. Di artikel ini kami akan berbagi tips berbelanja oleh-oleh di Yogyakarta:

  1. Sabar

Sabar atau jangan terburu-buru jika ingin membelian cidera mata di tempat perbelanjaan atau di pusat oleh-oleh. Berkelilinglah terlebih dahulu dan lakukan survei kecil-kecilan untuk memperbandingkan harga di tiap-tiap pedagang yang menjajakan dagangannya. Umumnya pedagang di kawasan Malioboro, Yogyakarta khususnya yang menjajakan dagangannya di depat-depan toko menawarkan barang dagangan yang sama baik kualitas maupun motifnya karena mereka mengambil dari tempat yang sama. Jadi tidak ada salahnya jika Anda sedikit berkeliling untuk mendapatkan harga yang terbaik.

  1. Berguna

Sebelum membeli oleh-oleh pastikan barang yang Anda beli berguna bagi penerimanya. Tentu saja hal tersebut perlu diperhatikan agar barang yang sudah susah paya Anda beli dan bawa tidak menjadi mubazir begitu saja. Belilah barang-barang yang biasanya dapat dimanfaatkan seperti kaos, gantungan kunci, sandal, atau pernak-pernik sederhana untuk ditaruh di meja, dan benda-benda sederhana namun memiliki nilai guna yang tinggi. Barang-barang tersebut banyak tersedia di pusat oleh-oleh Yogyakarta. Dengan mambawakan benda yang dapat dimanfaatkan oleh penerima maka keluarga Anda atau rekan kerja Anda akan lebih tersentuh atas pemberian Anda.

  1. Perhatikan Tanggal Kadaluarsa

Khusus untuk oleh-oleh berupa makanan pastikan terlebih dahulu tanggal kadaluarsanya. Hal ini penting agar makanan yang dibeli tidak basi sehingga tidak bisa dimakan saat tiba di rumah. Untuk bakpia biasanya kadaluarsanya sekitar 3-4 hari sehingga cukup aman jika dibawa pulang. Sedangkan gudeg basah cepat basi sekitar satu hari jadi sebaiknya jangan disimpan lama-lama. Jika ingin membawa gudeng sebagai oleh-oleh disarankan untuk membeli gudeg kering yang bisa tahan 2-3 hari.

  1. Jangan Berlebihan

Saat berbelanja banyak wisatawan yang lupa dengan budget mereka. Pastikan terlebih dahulu seberapa besar dana yang Anda miliki untuk membeli oleh-oleh yang akan di bawa pulang ke rumah. Jangan sampai kelebihan budget yang akan membuat Anda pusing nantinya. Di Yogyakarta banyak oleh-oleh yang berharga murah sehingga Anda bisa membeli banyak oleh-oleh tapi harus khawatir untuk kelebihan budget.

Demikan penjelasan mengenai tips atau saran membeli oleh-oleh di Yogyakarta. Masih banyak tips-tips lainnya yang akan kami bahas dilain kesempatan. Semoga artikel ini bisa menjadi tambahan informasi dan juga referensi bagi Anda semua saat ingin membeli oleh-oleh saat pulang berlibur.

 

 

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *